Feature news

RESUME KOMPUTER I (PART 3)

MICROSOFT WORD

FORMAT DOKUMEN

Masih dalam Tab Page Layout, pada pertemuan ke 3 ini melanjutkan pembahasan dari materi sebelumnya, Column, Header & Footer, Border & Shading, Format Paragraph Column, Insert Page Number.

TAB PAGE LAYOUT

1. Column
    
    Untuk mengatur kolom pada dokumen dapat melalui langkah sebagai berikut :


Tab Page Layout
Group Page setup
Pilih Menu Column
akan muncul list seperti gambar samping
 




Pada Columns terdapat 5 macam bentuk kolom, antara lain : 
➽ One column
➽ Two Columns 
➽ Three Column 
➽ Left 
➽ Right 




 




















 

Tetapi untuk lebih jelasnya dapat membuka More Columns. More Columns berisi Presets, Number of Columns, Line between, Width and Spacing, dan Apply to.  

➽ Presets : untuk memilih berapa kolom yg akan digunakan
➽ Number of columns : untuk membuat sendiri berapa kolom yang akan di tampilkan
➽ Line Between : untuk memberi garis pembatas di setiap kolom
➽ Width and spacing : untuk mengatur berapa ukuran yang ingin ditampilkan
➽ Apply to : untuk mengatur kolom diberlakukan untuk semua dokumen atau hanya sebagian dokumen bagian bawah.

TAB PARAGRAPH

2. Bullets and Numbering

Untuk memberi / penomoran pada paragraf dapat menggunakan Bullets and Numbering.

Langkah :
Tab Page Layout
Group Paragraph
Pilih Bullets and Numbering



➽ Bullets (butir) : penomoran paragraf yang berupa butiran atau gambar yang diinginkan. 
➽ Numbering : penomoran paragraf yang berupa angka dan abjad huruf. 
 
>> BULLETS

Bullet Library : berisi bermacam-macam simbol default untuk Bullet.




Define New Bullet : tanda simbol dapat diubah sesuai keinginan, mulai dari bentuk simbol atau karakternya, Font dan Aligntment, sekaligus dengan Preview tampilan dari Bullet yang telah dibuat secara custom.

Langkah :
Klik pada Define New Bullet, maka akan keluar dialog box seperti gambar disamping. 

➽ Bullet character : untuk memilih simbol, gambar dan perubahan font 
➽ Alignment : untuk mengatur letak dimana bullet akan diletakkan. 








>>NUMBERING 

Numbering Library : berisi bermacam-macam number default seperti urutan angka numerik, angka romawi atau Abjad.





Define New Number Format : untuk mengatur indentasi dan mengganti format number. 

Langkah :
Klik pada Define New Number Format maka akan keluar dialog box seperti dibawah ini.
 
Hampir sama seperti Bullets, Numbering juga dapat dilakukan modifikasi dengan poin;
➽ Number Style : Berisi list macam-macam Numbering seperti angka dan abjad
➽ Number Format : Format angka seperti adanya tambahan
➽ Alignment : untuk mengatur letak penempatan numbering. 
➽ Preview : tampilan dari Numbering yang telah dibuat secara custom.




TAB INSERT

Header dan Footer : berfungsi untuk memberi nomor halaman, judul bab, tanggal dan nama pengarang.








>>HEADER : kepala kertas yang berisi teks dan gambar yang muncul pada bagian atas dari tiap halaman.

















>>FOOTER : bagian bawah tiap halaman atau kaki halaman 











Langkah : Tab Insert - Header dan Footer

Edit Header / Edit Footer : digunakan untuk mengatur atau mengubah bentuk header dan footer dokumen sesuai keinginan.

 

Digunakan untuk menambah nomor halaman pada header atau footer dokumen. Terdapat bermacam - macam bentuk atau jenis header dan footer. 

Langkah :
Tab Page setup
Pilih Header dan Footer
Format Page Number  
Modifikasi page number sesuai keinginan


>>PAGE NUMBER

Untuk mengatur penomoran halaman dapat menggunakan Format Page Number. 

Number format : menentukan jenis penomoran halaman.
Include chapter number : untuk penomoran halaman yang mengikutsertakan nomor bab dengan format yang sama.
Chapter starts with style : untuk memilih style yang digunakan pada bab.
Continue from previous section : untuk melanjutkan penomoran sesuai default.
Start At : pemberian nomor sesuai dengan keinginan


TAB EDITING





➽ Find : digunakan untuk menemukan kata - kata dalam suatu dokumen secara cepat.
➽ Find Next : digunakan untuk menemukan kata - kata yang diinginkan 










➽ Replace : digunakan untuk menggantikan kata yang ada pada dokumen dengan kata yang kita inginkan.
➽ Replace : untuk menggantikan kata satu per satu setiap menemukan kata yang dicari
➽ Replace All : untuk menggantikan semua kata yang telah ditemukan dalam sekali klik
➽ 
Format : untuk mengubah kata yang kita inginkan dengan kata yang telah berbeda format atau diberi format.
Learn more »

RESUME KOMPUTER I (PART 2)

MICROSOFT WORD

FORMAT DOKUMEN

TAB PAGE LAYOUT

didalam Tab Page Layout terdapat Group yang bernama Page Setup yg berisi :



1. Margins


Margins digunakan untuk mengatur jarak kanan, kiri, atas dan bawah
 pada kertas. Untuk membuat sesuai ukuran yang dikehendaki dapat menggunakan Costum Margins.
             
Margins berisi :
➽ Normal
 Narrow
 Moderate
 Wide
 Mirrored

Didalam Costum Margins terdapat pengaturan ukuran untuk kertas yg sesuai dengan keinginan :
➽ Top         ➽ Bottom
➽ Left         ➽ Gutter
➽ Right

Gutter : digunakan untuk mengatur pemberian jarak atau ruang agar dapat dijilid atau dibukukan.

 



2. Orientation

     Digunakan untuk menentukan tampilan kertas saat dicetak.












3. Size

    Digunakan untuk menentukan jenis dan ukuran kertas. Terdapat bermacam ukuran kertas, seperti :
    ➽ Letter
    ➽ Tabloid
    ➽ Legal
    ➽ A4
    ➽ A5, dll







4. Column
    Digunakan untuk menentukan berapa kolom text yang akan dibuat. 

    Langkah :
    Klik Tab Page Layout
    Klik Dialog Launcher
    Pilih Layout
    
    Layout digunakan untuk mengatur :
    ➽ Section
    ➽ Header / Footer : beda antara halaman genap dan ganjil dan beda pada halaman pertama
    ➽ Penomoran Halaman
    ➽ Line number : melihat berapa baris kita menulis
    ➽ Hyphenation : kata penghubung (penambahan (-) untuk kata yang terpotong pada kalimat bahasa inggris)            


TAB HOME

Didalam Tab Home terdapat Group yang bernama Font dan Paragraph. Kegunaannya untuk mengatur tampilan text.

         
1. Font
          
Langkah :
          
Klik Tab Home - klik Dialog Launcher pada Group Font.
Disana kita akan menemukan 2 box yang masing - masing bernama :

          # Font
             Yang digunakan untuk mengatur :
             Jenis huruf, ukuran, style, warna , garis bawah,
             warna garis bawah dan efek dari teks tersebut.
     

          # Character Spacing
            - Scale
            - Spacing
            - Position : digunakan untuk mengatur posisi karakter , seperti : Normal, Raised (muncul lebih tinggi) dan Lowered (tenggelam lebih rendah)
              Contoh : 


-- Raised Position

              



2. Paragraph

Digunakan untuk mengatur perataan kanan dan kiri pada text. Ada 4 macam, yaitu :
➽ Alignment Left : Rata kiri (tapi margin kanan tidak rata)
➽ Alignment Center : Rata tengah (margin kanan dan kiri tidak rata)
➽ Alignment Right : Rata kanan ( tapi margin kiri tidak rata)
➽ Alignment Justify : Rata pada margin kanan dan kiri

    Formatting Tabs
          
Ada 5 macam Tab Stop, yaitu :

    ➽ Left
    ➽ Center
    ➽ Right
    ➽ Decimal : titik desimal akan rata dengan tab stop
    ➽ Bar : Garis horisontal akan ditampilkan pada Tab Stop
          Ada 2 cara untuk menambahkan Tab Stop :
  1. Melalui Pargraph Dialog Box Launcher - klik Tabs , atau
  2. Memilih pada sebelah kiri horisontal ruler dan meletakkannya pada ruler

    Indentation

Ada 4 macam Indent Marker :
    
    ➽ First Line Indent : mengatur agar baris pertama lebih menjorok ke dalam
    ➽ Hanging Line : mengatur agar baris pertama menjorok keluar atau sebaliknya (paragraf seterusnya menjorok ke dalam)
    ➽ Left Indent
    ➽ Right Indent
    Langkah :
    Horizontal Ruler
    Tab Home
    Group Paragraph
   Dapat juga menggunakan Decrease Indent dan Increase Indent

   Find : untuk menemukan kata
   Select : untuk menge-blok semua text


Blocking Text

➽ Dengan menggunakan tombol keyboard :


➽ Dengan menggunakan kombinasi keyboard dan mouse :
  1. Ctrl + Single klik : untuk memilih satu kalimat
  2. Ctrl + drag dan drop : untuk memilih beberapa kata pada barisan berbeda secara bersamaan
  3. Alt + drag dan drop : untuk memilih area tertentu
➽ Dengan menggunakan tombol kiri mouse
  1.  Melakukan drag and drop
  2.  Klik kiri dua kali (double click) : untuk memilih satu kata
  3.  Klik kiri tiga kali : untuk memilih satu paragraf
      Learn more »

      RESUME KOMPUTER I (PART 1)

       

      MICROSOFT WORD

      PENGENALAN MICROSOFT WORD

      Komputer I bertujuan : Mampu mengoperasikan aplikasi pengolah kata, pengolah angka, dan pengolah data untuk menghasilkan informasi di bidang kesekretariatan dan perkantoran modern.

      Word Processing yaitu aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan dokumen yg dapat dicetak. Awal mula word processing yaitu pada tahun 1970 - 1980-an. Kini perkembangan semakin pesat dengan adanya Grafical User Interface (GUI) yg dapat menyatukan teks, gambar, grafik, audio bahkan video. 

      Penggunaannya untuk : 
      1. Bisnis : untuk surat - menyurat, memo, publikasi, dll 
      2. Pendidikan : untuk menulis esai atau penelitian 
      3. Rumahan : untuk membuat undangan atau kartu ucapan 

      Word Processor ada beberapa kelompok, yaitu : 
      Proprietary (berbayar) : Lotus Word Pro, Microsoft Word, WordPerfect 
      Open Source : AbiWord, OpenOffice.org, KWord 
      Freeware (gratis) : KingSoft Office, Lotus Shymphony, ThinkFreeWriter 
      Online : AjaxWrite, Google Docs, LatexLab 

      Inilah perbedaan antara Word2003 dengan Word2007, yaitu : 

      Environment, Ribbon, Tab, Group, Command, dan File Format 

      Tampilan Word2007 kini lebih baru dengan adanya command yang telah tampil didepan. Itu agar mempermudah kita dalam mengerjakan sesuatu dan juga lebih cepat. 

      Yang ada di Ribbon yaitu Tab, Group dan Command. 

      Tab yaitu pita yang memiliki 7 perintah dasar dalam satu baris. 

      Group yaitu tab yang memiliki beberapa group yang tampil bersamaan. 

      Command yaitu perintah yang mana akan mendapatkan informasi. 

      Dibeberapa group juga akan terdapat panah kecil yg berfungsi untuk melihat lebih banyak command. Panah kecil itu disebut Dialog Box Launcher. 

      Di Word2007, suatu tabs akan muncul jika dibutuhkan. Seperti saat kita memiliki objek Gambar, maka tabs akan muncul bantuan Picture Tools. 

      Saat dibutuhkan, Mini Toolbar juga akan keluar dgn sendirinya. Sehingga kita tidak perlu mencari lagi. 

      Kini kita juga terbantu dengan adanya The Quick Access Toolbar. Yang biasanya kita bergulat dengan File dan Edit di Word2003, tapi kita tinggal klik saja Button Quick Access Toolbar. Lalu kita dapat memunculkan tab apa saja yg kita kehendaki. 

      Untuk memperlebar lembar kerja, kita dapat melakukan double click tab yg aktif demikian juga untuk mengembalikan tampilan dapat melakukan double click lagi. 

      Dapat juga menggunakan keyboard dengan menekan ALT+huruf tab yang diinginkan. 

      Yang biasanya kita menggunakan menu File, tapi di Word2007 kita dapat menggunakan MicrosoftOffice Button. Disana, kita akan menemui semua tabs yang ada di menu File. 

      Untuk semua perintah, memang sama dengan Word2003 hanya saja Word2007 lebih mempermudah dengan tampilannya. 

      Untuk penyimpanan atau Save antara Word2003 dengan Word2007 memang agak berbeda, jika kita menyimpan lembar kerja melalui Word2007 dan ingin membuka melalui Word2003, kita harus mengubah format penyimpanan melalui kolom Save As Type. 

      Jika sudah tersimpan dalam bentuk Word2003, maka akan muncul Compatible Mode yg berarti dapat di buka dalam Word lain selain Word2007. 

      Jadi itulah perbedaan yang ada antara Word2003 dengan Word2007.
      Learn more »

      Contact Form

      Name

      Email *

      Message *