Flashback jadi Penonton Formula One



Tetiba kesukaannya kayak "cowok"

Awal kisah kenapa saya akhirnya suka nonton balapan Formula Satu atau biasa disebut Formula1 yang notabene itu tontonan cowok-cowok, berbarengan waktu aku mulai suka nonton sepak bola, yaitu Liverpool FC. Ya, pas SMP dan pas kerja kelompok di rumah ku.

Kalo ini bener-bener ada "racun" dari temen2 sekelompokku yang pas itu maksa buat nyetel tv hari Minggu di siang bolong. Ada apaan sih ? Pikirku. Niatnya kerumah mau kerja kelompok kok malah mau nonton tv. Okelah diturutin. Waktu itu F1 masih ditayangkan di tv nasional, dan pas itu yang jadi hostnya Hilbram Dunar dan komentatornya Azrul Ananda. Pas race belum dimulai, yah aku gak paham lah mereka ngomong apaan.

Bener2 ini race-nya baru mau dimulai. Keliatan gitu mobil kecil2 kayak tamiya duh ketauan deh jamannya berjejeran di lintasan depan garis start. Dipikir ini heboh banget sih nonton ginian, mobil macem tamiya kayak gini mana keliatan juga, sapa yang nyetir, intinya orangnya gak keliatan lah. Apa asiknya coba ? apa serunya ? Sambil dengerin host sama komentatornya bahas race itu, yah aku berusaha narik temen2 ku buat ngerjain tugas kelompok lagi donk.

Gak berapa lama, nih temen2 balik lagi fokus ke tv. Keseruan mulai muncul ketika lampu hijau nyala. Itu temen2 pada gak fokus sama kerja kelompok, termasuk aku justru malah fokus sama balapan. hahaha. Akhirnya nyoba buat nonton. Lampu ijo nyala, daaaaaaaan asli ngikutin gituan adrenalinnya bisa terpacu alias gemes2 sendiri, teriak2 klo pas hampir senggolan, takut pas itu mobilnya tabrakan entah nabrak pembatas lintasan ataupun nabrak racer lain.

Apalagi pas lintasan yang beberapa meter setelah start, udah ada tikungan pertama. Crash mobil racer lainnya. Strategi menghindar dari crash yang ada di depannya. Sama skali gak paham awalnya, sebenernya apa yang mereka tonton. Yang bikin saya kayak orang blon'on lagi, tanya deh ke temen, kok muter mulu sih ? kapan selesenya ? gak langsung finish sekali aja yah. hahaha bener2 lah kalo diinget kok blon'on bgt sayah pas itu.

Balapan mobil beda sama balapan orang yah, kalo balapan lari orang kan cuma sekali putaran aja tuh, nah ini sampe ada mungkin 40 atau 50 an putaran. Putaran disini istilahnya laps. Balapan berlanjut mungkin sampe beberapa menit, balik lagi deh kita ngerjain tugas kelompoknya. Gitu terus sampe selese. Jadi tuh tv saya nyala sambil kita ngerjain tugas. Biasanya kita "fokus" lagi ke tv pas komentatornya mulai "ngotot" yah mulai teriak2 atau gemes sendiri gitulah yah pas mulai salip-salipan *duh bahasaku.


It's all about Speed and Adrenaline

Shock lagi pas salah satu dari racer itu masuk ke pit stop. Pit Stop ibarat rest area kalo pas kita perjalanan jauh dan harus isi bensin atau ganti ban. hahaha aku gak bisa njelasin pake bahasa F1 lah. Intinya kayak gitu. Tapi, ganti ban sama isi bahan bakar itu dilakukan hanya dalam hitungan detik. Paling cepet sejauh aku nonton dan seingetku sih, 10 detik aja. 10 detik buat ganti 4 ban dan isi bahan bakar. eh kok bisa gitu ? eh kok cepet banget sih ? Ban nya kok lucu lagi, warna warni.

Udah hampir 2 jam balapan berlangsung, ada pertanyaan bodoh (menurut teman saya) yang muncul pas nonton, "ihhh mereka gak capek apa ? gak haus ? gak kebelet pipis gitu ? kan duduk mulu selama berjam-jam". Ternyata baru tau, kalo olahraga balapan F1 ataupun motoGP gitu, ada selang kecil buat mereka minum di dalem helm mereka. Untuk pertanyaan kebelet pipisnya, aahh gak usah dijawablah yah. hahahaha. Intinya selama balapan, isinya tanyaaaaaaaa mulu.

Ini yang semakin membuat deg-deg-an. Tersisa 3 atau 2 laps lagi, beberapa putaran terakhir yang biasanya dimanfaatkan beberapa racer untuk merebut posisi. Daaaan finish.

Setelah finish, 3 posisi pertama harus naik podium untuk menerima trophy. Pas temen2 mulai bahas nama-nama dari 3 pemenang itu, yah aku cuma dengerin doank donk. Gak paham dan gak kenal mereka juga, cuek2 aja. trus pas 3 orang ini berdiri di podium semua. hhhmm ada yang menyilaukan mata. Dia gak juara sih, cuma di posisi ke 3. Tapi kan di udah naik podium pas itu. Cool. Gak bisa senyum. Dingin. Lempeng tuh muka. Cuek. Flat Expression. Eh sapose dessse' ?

Raikkonen. Kimi RΓ€ikkΓΆnen. Rakka. The Iceman.

Uuuhh banyak ya sebutannya. Ya. cowok satu ini emang terkenal sifat dinginnya. Gak cuma sama tim nya, tapi juga sama repoter berita. Sifat dingin yang apa adanya.

Leave me alone, i know what i'm doing


kalimat Raikkonen membentak tim nya di radio ketika balapan berlangsung. hahahaha.

Dari situlah kenapa saya jadi seneng banget sama F1 sampe sekarang, gak cuma memacu adrenalin, tapi juga bisa ketemu Babang Rakka tiap 2 minggu sekali. Jadwal F1 memang 2 minggu sekali, Qualifying biasanya ditayangkan hari sabtu, dan Race tayang hari minggu. Dikarenakan race ini dilakukan di sirkuit beberapa negara, jadi jam tayangnya pun menyesuaikan. Contoh pas aku tonton siang itu, seingetku pas balapan di Sirkuit ‎Albert Park‎, ‎Melbourne, Australia. Jadi disana sore, di Indonesia tayangnya siang.

Race yang paling berkesan adalah Night Race Singapore. Pengen banget lah bisa nonton langsung di Singapore.


Efek ketika pebalap menyelesaikan balapan
Sayangnya sih, dari beberapa tahun lalu, tayangan F1 di tv nasional udah dicabut. Jadi mau gak mau ya streaminglah yang bertindak. Atau kalo gak yah live tweet as usual.

Doakan saya bisa kesana dan nonton langsung Night Race yah. Berharap banget lah bisa nonton Kimi langsung sebelum dia pensiun. huhuhuhu


😍😍😍See you 😍😍😍


Source :
http://prowellnessindia.com/2017/09/12/3247/

0 Comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *