Waiting for the moment

25 September 2018

hari dimana yang ditunggu-tunggu setelah sebulan lebih lamanya saya ditinggal mama untuk ibadah. aaahhhh gak sabar. Ini lah baru pertama kali ditinggal sama selama itu, gak bisa bertatap muka meskipun udah ada alat komunikasi yang canggih, maklum sih mama juga baru belajar pake hape android. Dulu mah cuma bisa pake hape N*kia yang masih jaman polyponic. Tapi kemarin masih bisa kok videocall an. Cuma pas videocallnya, nunggu mama yang bisa telpon. Kan gatau waktu ibadahnya kapan aja di sana.

Mungkin beberapa orang yang tau saya lagi ditinggal mama saya, pasti bilang 
"wwiiihhh lama tuh sebulan lebih"
"waaahh tinggal sendirian nih"
"eehh gak apa2 gitu ditinggal sendirian ? berani ?"

Dan saya cuma bisa ketawa aja sih. Ya saya sadar, saya anak tunggal. Gak biasa ditinggal sendirian. Tapi ada kalanya pengenlah dilepas sendirian tanpa harus diintilin sama mama ato aku yang mesti ngintilin mama kemana-mana. 

ada pertanyaan juga, "Berani?" . Lha apa yang bikin gak berani. Kenapa gak berani ditinggal sendirian ? Rumah-rumah saya. Lingkungan sekitar juga sosialisasinya normal-normal aja. Emang kalo ditinggal, trus pas detik itu juga saya tinggalnya sama Zombie ? Sekeliling saya berubah jadi Zombie? Kan enggak. Minta bantuan yah yang normal-normal aja. Saya punya mulut buat komunikasi juga.

Yah kalo ditinggalnya cuma dalam 1 negara, minimal cuma beda pulau aja sih gak sampe bingung yah ditinggal lama. Paling sebulan masih bisalah dateng, disempetin datengin mama. Lha ini kan beda negara, beda benua boookkk. Apa daya saya kan gak punya doku segudang yah, jadi klo dipisahkan negara dan beda benua gitu, cuma bisa pasrah donk. Toh ini juga buat ibadah.

Wajar gak sih ditinggal selama itu, trus aku bilang, "aaahhhh aku udah kangen" Wajar gak ?

Ada nih yang "membandingkan", yah gak sukanya kan gitu. Selalu ada yang membandingkan. gemas yah sama orang Julid. hahaha maap saya bukan artis bu. Hidup Lo yah Hidup Lo, repot amat ngurusin hidup guwehhh.

Ada nih yang membandingkan dengan kalimat, "aahh baru sebulan lho ini ditinggalnya, belum lama banget", karena Beliau-nya yang ngomong nih, orang perantauan yang mana keluarganya masih tinggal di Jawa. Lha situ, sekali seminggu aja bisa bolak-balik ketemu kalo kangen sama ortu. Lha kita ? Mama kudu ibadah ke negara nun jauh di mato yah. Kalo seminggu kangen, trus bisa gitu langsung dateng ke sono dengan alasan, aku kangen mama. Toh situ juga ninggalin keluarnya ujung-ujungnya masih di Jawa juga. ya tolonglah yah dibedakan konteksnya. 

Yah wajar sih orang-orang sekitar menilai kayak gitu yah ke saya. Saya maklum. Mereka tau-nya saya anak tunggal. Cewek sendirian lagi. Siapa sih yang gak pengen mandiri ? Siapa yang gak pengen ketika dikasih tanggungjawab, bisa dikerjain dengan bener. Agak emosi yah, maaf.

Okelah, dikit curhat sih tadi. hahahaha

Hari ini yang sangat sangat sangat sangat sangaaaaattt dinantikan, oleh saya lebih tepatnya. Jelasssslah. Udah kangen juga. Jangankan aku yang anaknya sendiri, si anak krucil2 3 itu juga udah standby aja nungguin pulangnya mama. Selama ditinggal sih, rasanya kayak saya punya anak 3 yang ga bisa ditinggalin. Tiap lembur, kepikirannya juga krucil 3 yang ada dirumah itu.

Sebelum mama berangkat, atau pas mama masih di rumah kan, yah aku gak khawatir. Ada mama juga yang dirumah, pasti dikasih makan, kalo sore ato malem giliran aku yang ngasih makan. Kalo udah gak ada orang dirumah, apalagi kalo siang pasti masih di kantor juga. itu kan yang bikin kepikiran. si krucil udah dikasih makan belum yah? gimana mereka makannya yah? Ya Alhamdulillah nya ada tetangga yang udah kayak sodara, yang mesti bisa dimintain tolong.

Trus gak cuma itu, kepikirannya juga pas istirahat, biasanya nih ditanyain mau makan apa buat maksi. Nyeplos aja gitu nih mulut pas ditanyain.

"Mau makan apa mbak ?"
"nasi pindang aja", lempeng aja mukanya.
"Pake sambel ?"
"Gak nasi pindang aja"
"Lha kayak kucing mbak"
"Lha emang buat kucing ku dirumah"

Intinya, setiap ditanyain pertanyaan kayak gitu, batin tuh mesti, buat krucil buat krucil makan nih. Sampe gak bisa mikir buat maksinya kita sendiri mau makan apose. Pokoknya si anak krucil 3 dirumah ntar bisa makan aja. hahahaha

Baiklah, tadi itu cerita yang udah saya alami selama ditinggal mama.

Sekarang drama penjemputan. Maklum yah , ini pertama kali jemput Jamaah Haji, pertama kali banget. Yang gak paham jemputnya nanti dimana, jam berapa, trus ada yang heboh juga nungguin bis nya lewat di depan Gang rumah. Ya Allah. Saya cuma mikirin , ini kapan jemputnya yaaaa ? Biar cepet ketemu gitu sama mama.

Daaaannn, akhirnya sempet gontok2an sama sodara yang katanya pernah jemput sodara lainnya yang pernah Haji dulu, yah jadi nurut aja gitu deh. Kita memutuskan jam 17.00 wib berangkat, soalnya kalo dari tiket yang aku tau ada nama mama, pesawatnya delay, jadi sampe sini jam 15.00 wib. Okelah, perjalanan ditempuh sambil bermacet2ria.

Huwoooooo ... Hectic boookkk. Pake udah makin gelap pula yah, nih mata makin malam makin siwerrr lagi. Bener2 gak bisa awas gitu. Berusaha nerobos gerbang yang bener2 dijaga ketat sama pakpol nya, nunggulah kita di depan gerbang. Sempet nelpon mama, katanya menuju ke luar gerbang. Aaahhh ini mata gak bisa diajak kerjasama bgt deh. Udahlah kita tunggu lagi, gak ada berapa menit, keliatan mama keluar sambil duduk di trolly barang gitu. Aku pikir di dorong di Wheelchair gitu, eh enggak, jadi pake trolly barang. Koper2 nya dinaikkin dulu, trus mama duduk di atasnya.

Agak kacau nih. Lho kenapa musti duduk ? Mama kenapa ? Panik lah. Nih mulut gak terkontrol. "eh mama mama itu mama". Makin nerobos kerumunan orang2 yang ada didepan gerbang. Gak peduli lah yah. Aku yakin mama juga gak bisa liat aku dengan jelas, tapi aku bisa liat mama dengan jelassss banget. Langsung gak pikir panjang, aku gandeng tuh tangan mama menuju mobil.

Kalo Jamaah lainnya, pas ketemu digerbang, bisa langsung aja tuh peluk2an di depan gerbang, aku gak mikir pelukan dulu. Pokoknya mama kudu dibawa ke tempat aman dulu, mobil. Barulah sampe di mobil. Uwuwuwuwuwuwwu dipeluk gak lepas2.

Panik
Hectic
Bingung

Akhir kata,
welcome home mama

*sorry, gak ada kepikiran buat foto2 yang penting udah ketemu. Alhamdulillah

Goodnight Fellas ✋✋✋

Contact Form

Name

Email *

Message *