Ready for Singapore Trip!!!

yaaa ampun lama kali nih draft ngendon. Saatnya SKS ngepost nih, alias Sistem Kebut Semalam ngepost menuju akhir tahun.

Kepikiran ke Singapore ? Enggak sama skali.

Ada kepengenan ke Singapore ? Sangat.

And it happened in this year. Rencana ke Singapore udah ada, tapi ga nyangka klo secepet ini. Alhamdulillah-nya semua udah ready, enggak semua sih , tapi minimal dokumen penting penerbangan udah ready dari kapantau. Dibilang dadakan, ya enggak juga, tapi dibilang gak dadakan tuh yaaaa waktunya jg mepet sih sebenernya buat prepare bagasi.

Dan akhirnya, pasporku enggak makin lapuk gegara kelamaan disimpen gesss. 

Singapore, siapa yang enggak tau negara dengan julukan Kota Singa ini. Patung Merlion, dengan bentuk kepala Singa dan tubuh ikan merupakan Landmark Merlion menjadi simbol yang sudah tersohor. Menurut traveller yang udah sering bolak balik ke sana, negara ini menjadi negara yang paling teratur dan tertib akan peraturan, salah dua larangan negara ini yaitu merokok di tempat umum dan konsumsi permen karet *cmiiw. Berbekal informasi dasar itu, makin penasaran sama kota yang tetanggaan sama Batam.

Oke kita mulai darimana ya ceritanya.

Ada waktu 2 minggu setelah dapet Info tiket pesawat sama hotel fix. Jdi yang dipikirin skrg apa ? Kira2 travel essential apa aja yg perlu disiapin dan dibawa travelling kali ini ? Yaa secara ini pertama kalinya kesana juga kan.

First thing first!!!

  • Dokumen dan Passport
Gimana ceritanya traveling tanpa tiket dan id card kamu ? Hal yang jelas dan wajib disiapin sejak awal dan jangan sampe ketinggalan sih ini. Terlebih perjalanan ke Luar Negeri yang membutuhkan dokumen tambahan, selain tiket, yaitu Passport yang masih berlaku, belum lagi kalo pergi ke Negara yang butuh Visa. Berhubung kali ini perginya cuma ke Singapore aja, jadi dokumen yang perlu dibawa cukup Tiket dan Passport. 

Oh iya, ini juga jadi dokumen penting sebagai visitors diwajibkan untuk isi form ICA SG Arrival Card (Immigration & Checkpoints Authority) 3 hari sebelum jadwal penerbangan yang tertera di tiket. Aplikasi ICA udah tersedia di App Store dan Play Store, pengisiannya juga lebih mudah, kalo mau baca2 bisa banget di link ICA SG Arrival Card.
  • Outfit dan Jacket
Jalan-jalan tanpa outfit yang keren ? Kayak ada yang kurang gitu. Sebagian dari kalian, para Traveller pasti juga mengutamakan outfit apa yang bakal dibawa dan dipakai sesampainya disana. Apapun outfit kalian, pastikan outfit yang dipakai selama disana kudu NYAMAN dan GAK RIWEUH. NYAMAN adalah KEUTAMAAN. Singapore jadi salah satu negara yang ramah untuk pejalan kaki dan juga pengguna transportasi umum kayak MRT atau Bis. Hal ini juga menjadi salah satu faktor  kenyamanan outfit yang dipakai untuk jalan-jalan. Sesuaikan juga jumlah outfit yang dibawa dengan durasi berapa lama stay disana, jangan sampe kelebihan muatan malah bikin badmood tuh.
  • Gadget / Kamera
Ini ada kaitannya dengan outfit tadi ya, kalo outfit udah kece, masa' iyah gak foto sana sini ? Yes, perlu banget bawa kamera klo travelling sih, ga usah kamera profesional juga, cukup kamera digital ato mirrorless kayaknya udah oke buat sekedar foto moment2 yang jarang ditemuin. Kenapa gak pake kamera dari hape aja ? Menurutku, handphone tuh lebih aku utamain buat telpon/komunikasi, penggunaan maps sama internet, dan pembayaran online (QRIS), Jadi, klo emang mau foto2 mending nyiapin juga kamera tersendiri khusus untuk foto2/video aja. 

Nah, enggak kalah penting nih. Nomer Indonesia sudah pasti ga bisa dipake di Singapore ya, jadi aku lebih milih untuk aktifin Roaming dari nomer ku yang di Indonesia. Alasannya, males juga ribet klo mau beli nomer baru disana. Pengaktifan roaming disesuaikan aja sama tanggal keberangkatan ato H-1 keberangkatan, jadi pas masuk Singapore nomernya udah aktif dan bisa di pake dengan lancar.
  • Universal Adaptor
Salah satu koentji penting nih, Universal adaptor alias colokan kaki tiga. Sempet tuh dikasih info juga colokan disana tuh beda sama disini. Untungnya, keinget dulu pernah punya bekas mama dari Umroh, Alhamdulillah ga perlu beli2 lagi. Tapi klo mau lebih well prepared , ada yang lebih lengkap juga sih, tinggal sesuaikan aja sama kebutuhan dan Negara yang dikunjungi ya. Ini adaptor yang aku bawa, minimalis ya bentuknya. 
  • Powerbank
Gak ada cerita pas lagi seru jalan2 eh baterai handphone ngedrop!!! Powerbank is a MUST ya sih. Powerbank selalu jadi sahabat terbaik handphone ketika gak deket sama colokan. Apalagi nih hape kentang ku, yg bener2 ga bisa diajak kompromi soal baterai. Alhasil, gimanapun yaa tetep ini harus dibawa. Mengacu pada peraturan Garuda Indonesia mengenai ketentuan Powerbank yang diperbolehkan max 20.000 mAh untuk dibawa ke cabin, jadi pastiin ya powerbank yang dibawa sesuai sama peraturan. Nah karna dadakan, aku mutusin beli yang 5000 mAh.
  • Cash on Pocket dan Kartu
Enggak kalah penting nih, duit cash dengan mata uang SGD. Beberapa hari sebelum berangkat, tukerin dulu tuh duit buat beli oleh2 ato beli jajan/makanan disana. Dikasih bocoran sih, sehari di sana bisa ngabisin 35-50 SGD untuk makan aja ges. Untuk persiapan, bisa diperhitungkan juga berapa doku yang harus dituker untuk disana ya. 
  • Botol Minum dan obat2an
Botol minum ini perlu banget lho buat menghidrasi setelah seharian jalan-jalan, jadi jangan sampe ketinggalan, Apalagi buat aku nih, wanita onta banget, dikit2 kudu minum, ga kuat banget nahan haus. Berhubung di Singapore juga ada spot untuk isi air secara gratis, mending kita siapin aja botol minum pribadi, jadi biar disana tinggal isi2 aja deh. 
  • Toilettries dan Skincare in Travel size
Beberapa orang mungkin cuek sama perlengkapan mandi, nganggepnya di hotel udah ada amenities jadi gausah bawa daripada berat2, tapi aku ga bisa tuh pake amenities hotel, kadang takut ada yang gak cocok sama kulit, jadi kudu nyiapin buat pribadi yang keseharian di pake di rumah. Skincare juga penting nih, berhubung kan jalan2 nih, gamau donk keliatan buluk selama disana hahaha, jadi bawa skincare seperlunya dan senyamannya aja, ga harus yang berbotol2 bertube2 dibawa semua, minimal bawa dan usahakan pake kemasan travel size biar lebih gampang.
  • Peralatan Ibadah
Satu ini juga pasti ga boleh ketinggalan lah klo travelling, apalagi yang muslim. Peralatan ibadah seperti mukenah dan sajadah pun sekarang juga udah ada yang travel friendly kok, jadi ga perlu khawatir, dan yang pasti juga ringan klo mau dibawa kemana2. 
  • Ransel anti maling/Tas Selempang/Tote bag/Tas Lipat
Untuk perjalanan dan selama jalan2 disana, aku lebih mengutamakan tas ransel/selempang depan. Tas ransel anti maling yang heboh pada jamannya, ternyata emang lebih cocok buat aku, kantong tersembunyi yang gampang dijangkau klo mau ambil barang2 penting misalkan handphone ato paspor ato dompet kartu. Baru kerasa sekarang waktu dibuat traveling, karna lebih ngerasa aman aja gitu. Alternatif kedua, tas selempang depan dengan ukuran mini yang pas diisi sama barang2 penting. Enaknya lagi klo selempang depan, malah lebih mudah dijangkau klo mau ambil barang penting dan efisien, misal handphone, kamera, botol minum ukuran 500 ml, kartu MRT/dompet. Untuk 2 jenis tas ini aku bawa semua, tapi tas selempang udah pasti aku masukin koper dulu, jadi pas berangkat cukup pake tas ransel sama koper aja. Jadinya lebih simple.
 

Travel essential udah siap, yesss ready to go!!!

Lanjut postingan selanjutnya yukkk 

-Day 1 in Singapore-

0 Comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *