Singapore Trip 2023 (D-3)


GARDEN BY THE BAY dan MARINA BAY SANDS

08:00 udah di MRT Station masing-masing lanjut menuju ke BAYFRONT MRT Station. (MRT Station Line Kuning/CCL atau Biru/DTL). Titik kumpul kali ini di Exit Bayfront Station Arah exit Garden By The Bay/Shop at Marina Bay Sands. Karena ada kendala, jadinya kita agak molor nih sampe di Garden By The Bay nya.

Atraksi yang disajikan di area Garden by The Bay ada beberapa macam, antara lain Flower Dome, Cloud Forest, Floral Fantasy, OCBC Skyway dan Supertree Observatory tapi kali ini mau nyoba ke Flower Dome dan Cloud Forestnya dulu nih, mungkin yang lain bisa coba di lain waktu, *Aamiin. Detail atraksi dan pembelian tiket bisa dari web Garden by The Bay.

Dari Garden by The Bay buat menuju area Flower Dome dan Cloud Forest, kita harus naik mobil shuttle station dulu, dari situ kita nunjukkin aja tiket shuttle kita ke perugasnya, ntar langsung diarahin buat naik shuttle dan dianterin ke Flower Dome. Selama perjalanan kita juga bisa kok nikmatin pemandangan area Garden by The Bay menuju Flower Dome. Sesampainya di shuttle station Flower Dome, kita langsung menuju ke entrance gate Flower Dome dengan menunjukkan tiket yang udah kita punya sebelumnya. 

Recap Flower Dome dan Cloud Forest
Garden By The Bay by Arliyana Ittaqullah
 
Keliling Flower Dome dan Cloud Forest, bikin waktu bergulir lebih cepat, menikmati taman indoor yang menyegarkan rasanya ga pengen keluar dari sana. Cloud Forest kali ini, bertema tentang Avatar, banyak banget ornamen dan atraksi yang disajikan dengan nuansa tematik Avatar yang seru. Udah hampir jam 12, kita balik dari Flower Dome dan Cloud Forest langsung menuju lokasi selanjutnya yaitu Marina Bay Sands menggunakan shuttle kembali ke titik shuttle station di Garden by The Bay, trus lanjut jalan ke lorong menuju Bayfront, dan sampe deh kita di Marina Bay Sands.

MashaaAllah, ini mall emang agak lain sih. Udah mulai agar gempor lah, tapi tetep kita lanjuuut jalan2 dan explore ini mall. Selain mall2 di Orchard Road, Marina Bay Sands juga termasuk dalam list klo mau shopping, semua branded mulai dari outfit, aksesoris dan juga F&B nya, aku sempet ga sengaja nemuin resto nya Gordon Ramsey.  Enggak cuma itu, pas kesana juga ketemu mas pacar aku yaitu Jimin BTS dan ada adeknya juga, si Hanni New Jeans  *ngehalu dikit yeee.


Ada beberapa atraksi yang mungkin bisa jadi hiburan buat pengunjung, mall ini punya sungai buatan di tengah mall yang juga bisa dinaikin pake perahu kecil, namanya Sampan Rides Marina Bay Sands. Yang penasaran, bisa langsung booking aja di web yg udah aku sematkan diatas ya. Naik sampan kurang banget feelnya klo enggak sekalian ngeliat waterfall yang ada di dalem mall ini juga. Karena aku kemarin enggak naik sampan, jadinya aku cuma ngeliat waterfallnya dari lantai atas mall ini, truuusss sebelum waterfallnya kelar, aku sempet ngeliat sumber air waterfallnya ini yang ada di deck luar Marina Bay Sands.

Marina Bay Sands gak ada matinya klo soal atraksi yang memanjakan mata, ada atraksi lain yang juga memanjakan mata, yaitu Digital Light Canvas. Apa tuh ? hhmm jadi klo diliat itu ada layar digital berjajar membentuk lingkaran yang menampilkan visualisasi kolaborasi art dan digitalisasi. Lebih detailnya udah aku sematkan link webnya ya. Ini aku rangkum kurang lebih seperti ini yang aku liat kemarin.

Agak capek, jadinya istirahat dulu di bagian deck Marina Bay Sands Mall, dari sana sejauh mata memandang emang perairan semua, termasuk kita juga bisa liat patung Merlion juga dari sana. Yang lebih unik lagi, nyoba ke storenya Apple yang ada disana kan, awalnya aku masuk tuh dari dalem mallnya, sampe ketemu escalator, aku coba naik, eh ternyata storenya Apple yang disini tuh idenya MashaAllah banget lah, jadi setelah naik pake escalator keliatan kayak dome gitu , lantai 1 kan berjajar produk2 yang dijual, di lantai 2 tuh enggak cuma jualan produknya, tapi juga pemandangan dari dalam dome Apple store ini.

Ini Apple Store lantai 2 dari dalem

Ini Apple Store lantai 2 dari dalem

Ini Apple Store dari luar

Luaarrr biasssaahh emang pemandangan dari luar Marina Bay Sands Mall ini.


Istirahat bentar sambil menikmati sore hari, ada kejadian yang unpredictable gesss, sepatu aku jebol di saat dan di tempat yang tidak tepat😭 Akhirnya random beli sendal dulu lah disana yang awet dibuat jalan2 lama dan tentunya bersol empuk.

Sepatu jebol bukan halangan, explore Singapore belum kelar. Setelah dari Marina Bay Sands Mall selesai, kita dikasih waktu bebas kemana aja yang kita mau. Nah dari sini aku masih pengen ke 2 tempat lain yang udah aku masukin list, Kampong Glam dan Mustafa Center. 

Dari Marina Bay Sands Mall langsung cusss ke Kampong Glam. Sayangnya udah ke Kampong Glam cuaca agak gak mendukung nih, baru sampe jalan bentaran eh udah ujan. Bad preparenya nih, enggak bawa payung, padahal aku tuh udah bawa payung buat prepare emang sapa tau kan yaa, eh malah ga kebawa pas hari itu. Jadinya sempet berhenti di toko deket Masjid Sultan saking deresnya, ada kali 15 menitan aku nunggu. Hujan berhenti, aku masih bisa lanjut lagi jalan. 



Pas ngemaps, Kampong Glam sama hotel aku lumayan deket, sekitar 15 menitan jalan kaki, akhirnya mutusin buat balik hotel bentar sambil hunting foto2 jalanan di area Kampong Glam dan sekitaran hotel, meskipun gak pinter jepretin objek, tapi lumayan lah buat ngisi memory.













Dari hotel, masih lanjut nih ke Mustafa Center. Dan lagi pas ngemaps, dari hotel ke Mustafa Center cuma 15 menitan jalan kaki. Mari lah kita lanjut. 
Seperjalanan ke Mustafa Center, belakang hotel aku sempet nemuin Hawker alias foodcourt gitu. Enaknya klo sambil jalan kaki tuh bisa sambil observasi lah yaa di sekitaran tuh ada apa aja. Enggak lama jalan, sampe lah kita di Mustafa Center. Mustafa Center ini salah satu tujuan store untuk belanja oleh2, dengan harga terjangkau atopun yang mahal juga ada, macemnya juga banyak banget, kayaknya lebih banyak daripada yang di Lucky Plaza, tapi 2 tempat itu emang patut untuk disamperin deh buat belanja, enggak cuma makanan tapi juga ada parfum2 dan aksesoris buat cendera mata. Mustafa center ini ada 3 lantai, dan itu emang lumayan rame dan penuh pengunjung. Saran aja sih, klo bawa tas emang harus taruh depan biar lebih aman, soalnya saking rame nya emang desek2an.
udah makin sore, instruksi selanjutnya kita suruh kumpul balik lagi ke Orchard Road. Karena udah mulai malem kan, yaudah kita sante2 aja dulu duduk2 di area Orchard sambil ngedengerin live music sambil ngeistirahatin nih kaki, betis rasanya udah kayak abis latian sepakbola. Btw, seneng banget bisa nonton live music disini. Vibesnya beda. hihihi. Melengkapi malam, selain nonton live music, enggak lupa beli lagi tuh Uncle Ice Cream Magnolia.

Hari ke 3 ini paling parah sih ini jalan kaki sampe 30.000 langkah sendiri. Udah gempor2 deh nih kaki, tapi ini aku gatau ya, karena saking udah capek parah, kaki tuh jadinya sakit mulai dari betis sampe telapak kaki, dan lagi aku emang tipe enggak kuat jalan jauh dan lama. Akhirnya ada yang beli semprotan painkiller kayak yang dipake sama pemain sepakbola tuh, emang kerasa sih enggak begitu sakit pas dipake lagi buat jalan. Dan kalo malem, telapak kaki ku tempelin sana sal*onp*s , ga bermaksud ngiklan sih, tapi emang begitu adanya.

 Lumayan di Singapore ini bisa ngebakar kalori. Hari udah makin malem, waktunya balik kantor dan packing2 karena besok udah hari terakhir kita balik Surabaya.

0 Comments:

Contact Form

Name

Email *

Message *