HUMAS - RESUME PERT 1

HUMAS (HUBUNGAN MASYARAKAT) 
(PERT 1)

Public Relation


A. Pengenalan 

Apakah Organisasi itu ?
Organisasi merupakan sekumpulan orang dengan bermacam-macam pemikiran yang melakukan aktifitas untuk mencapai tujuan yang dimaksud. 

Apakah Manajemen itu ? 
Manajemen merupakan proses untuk mengola atau mengatur sekumpulan orang yang berada di sebuah organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. 

Mengapa sebuah organisasi membutuhkan adanya manajemen ? 
Karena fungsi manajemen adalah mengelola dan mengatur, sehingga organisasi sangat membutuhkan manajemen agar sebuah organisasi selalu ingat pada tujuan terbesar atau tujuan utama yang harus dicapai oleh organisasi tersebut. 

Adapun kepentingan Humas (Public Relation) untuk organisasi yaitu untuk mempromosikan dan memarketingkan organisasi tersebut. Jika sebuah organisasi tidak memiliki Humas, maka yang terjadi adalah organisasi tersebut tidak akan dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, lambat-laun organisasi itu akan hilang dan mati.
 
B. Definisi

Humas (Public Relation) merupakan fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan/kegagalan organisasi tersebut. 
Public Relation merupakan seni sekaligus ilmu sosial yang menganalisa kecenderungan, memprediksi setiap kemungkinan konsekuensi. (Bertrand R. Canfield) 
Public Relation merupakan fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan aturan seseorang/organisasi demi kepentingan publik dan melaksanakan sesuatu.

C. Elemen dalam Definisi Public Relation 
  • Melakukan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasional 
  • Menangani hubungan dengan stakeholder 
  • Memonitor kesadaran 
  • Menganalisa kebijakan dan dampak 
  • Mengidentifikasi kebijakan, prosedur dan tindakan yang bertentangan 
  • Memberi saran kepada manajemen dalam hal kebijakan baru 
  • Membangun dan mempertahankan komunikasi dua arah 
  • Menciptakan perubahan yang terukur dalam kesadaran, opini, sikap dan perilaku - membutuhkan media sosialisai untuk melihat perubahan 
D. Fungsi Public Relation 
  • Menurut Edward L Barneys, Humas memiliki fungsi sebagai berikut : 
  • Memberikan penerangan kepada publik, 
  • Melakukan persuasi kepada publik untuk mengubah sikap dan tingkah laku publik 
  • Upaya untuk menyatukan sikap dan perilaku suatu lembaga sesuai dengan sikap dan perbuatan masyarakat, atau sebaliknya. 
E. Pentingnya Public Relation  
 
          Kita hidup di era informasi - menguasai informasi dengan harapan:
  • Mempermudah untuk menyampaikan imformasi 
  • Menghilangkan salah komunikasi : penyampaian informasi secara langsung, sehingga menghindarkan kesalahan informasi 
  • Menghilangkan salah interpretasi : penyampaian yang tidak menimbulkan kesalahpahaman. Kemudian dapat menjadi informasi yang jelas. 
  • Menghilangkan frustasi : tidak harus menjadi seorang Psikologi untuk menghilangkan frustasi sesorang. Dengan komunikasi yang baik, sesorang akan dapat membantu mengurangi frustasi orang lain. 
  • Untuk menciptakan win-win solution untuk kepuasan masyarakat sesuai denga tujuan organisasi. 
  • Pada umumnya, tugas Humas mampu mengubah pandangan jelek, prasangka buruk dan sikap melawan menjadi pengetahuan dan pengertian, penerimaan dan ketertarikan. 
F. Bagian penting dari pekerjaan petugas Humas dalam suatu organisasi yaitu : 
  • Membuat kesan 
  • Pengetahuan dan pengertian 
  • Menciptakan ketertarikan 
  • Penerimaan 
  • Simpati 
G. Perkembangan Public Relation

                Ivy Ledbetter Lee

               Pada tahun 1906 oleh Ivy Lee, saat ia berhasil menjembatani konflik buruh batubara dan pengusaha menjadi The Father of Public Relation.

Contact Form

Name

Email *

Message *